Daftar Isi:
  • Prestasi belajar siswa tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuan kognitif, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor- faktor lain diantaranya faktor psikologis. Salah satu faktor psikologis yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu task commitment atau motivasi internal yang mendorong seseorang untuk tekun dan ulet dalam menyelesaikan tugas meskipun mendapat berbagai macam hambatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh task commitment terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Raudhatusysyubban Sungai Lulut. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan ( field research) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif menggunakn metode survei. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII di MTs Raudhatusysyubban dan sampelnya siswa kelas VIII B MTs Raudhatusysyubban. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, kuasioner atau angket, dan dokumentasi. Task commitment diperoleh berdasarkan hasil angket task commitment dan prestasi belajar matematika diperoleh berdasarkan dokumentasi nilai UTS siswa pada pelajaran matematika. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji linearitas), uji t, menentukan persamaan regresi serta mencari besarnya koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan task commimtent terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Raudhatusysyubban Sungai Lulut dengan persamaan regresi Y=27,323+17,506X. Adapun nilai Koefisien Determinan (KD) sebesar 40,3% yang berarti bahwa task commitment memiliki pengaruh kontribusi sebesar 40,3% terhadap prestasi belajar matematika.