Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write(TTW) pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel (PtLSV) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dan Motivasi Belajar di Kelas VII MTs Raudhatusysyubban Sungai Lulut Tahun Pelajaran 2017/2018
Daftar Isi:
- Saifullah. 2017. Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel (PTLSV) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dan Motivasi Belajar di Kelas VII MTs Raudhatusysyubban Sungai Lulut Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing Skripsi Bidang Konten dan Metodologi: Hasby Assidiqi, S.Pd., M.Si., Pembimbing Bidang Bahasa dan Teknik Penulisan: Nuraydin, M.Ag. Penelitian ini dilakukan dengan didasarkan pada rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa serta motivasi belajar siswa yang masih tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan akibat metode atau strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru pada umumnya terbatas pada metode ceramah sehingga siswa tampak pasif selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa dengan penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada materi pertidaksamaan linear satu variabel (PTLSV). Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan desain kuasi eksperimen dengan bentuk thenonequivalent posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Raudhatusysyubban Sungai Lulut. Sampel penelitian adalah kelas VII B dengan penerapan strategi pembelajaran think talk write (TTW) dan kelas VII A dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan penerpan strategi pembelajaran think talk write (TTW) pada materi pertidaksamaan linear satu variabel di kelas VII dengan nilai rata-rata 78,11 dan berada pada kualifikasi baik (2) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran konvensional pada materi pertidaksamaan linear satu variabel di kelas VII A dengan nilai rata-rata 64,03 dan berada pada kualifikasi baik (3) motivasi belajar siswa dengan penerapan strategi pembelajaran think talk write (TTW) berada pada kualifikasi tinggi (4) terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan strategi pembelajaran think talk write (TTW) dan penggunaan model pembelajaran konvensional pada materi pertidaksamaan linear satu variabel terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VII MTs Raudhatusysyubban.