Daftar Isi:
  • Septiya Lestari. 2018. Strategi Pemasaran koperasi syariah Arrahmah Banjarmasin. Skripsi Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Pembimbing: (I) Zainal Muttaqin, M.g . (II) Annisa Sayyid, SHI, MSI. Peneliti tertarik melakukan penelitian di Koperasi Syariah Arrahmah Banjarmasin karena ingin meneliti lebih mendalam tentang strategi pemasaran yang digunakan oleh koperasi Arrahmah dalam menarik minat masyarakat menjadi anggota dengan kendala lokasi yang terbilang kurang srategis. Jenis penelitian kualitatif atau penelitian lapangan (field research) yang sifatnya deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung ke Koperasi Arrahmah Banjarmasin, kemudian wawancara langsung dengan manager Koperasi Syariah Arrahmah dan melakukan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu Analisis SWOT di mana strategi produk, strategi harga dan strategi promosi merupakan strength atau kekuatan dari Koperasi Arrahmah Banjarmasin sedangkan strategi tempat merupakan weakness atau kelemahan karena lokasi yang kurang strategis atau susah di cari. Dari hasil penelitian diperoleh strategi di mana koperasi syariah Arrahmah melakukan pemasaran ke para jemaah pengajian, relasi kantor, media internet dan media (brosur). Di mana koperasi syariah Arrahmah menerapkan konsep penjualan bebas riba sehingga koperasi syariah Arrahmah menjelaskan tentang konsep riba terhadap setiap nasabahnya. Menurut analisis penulis yaitu strategi pemasaran yang digunakan pada Koperasi Arrahmah Banjarmasin hanya menggunakan beberapa strategi saja, harusnya strategi pemasarannya harus ditingkatkan lagi dan lebih maksimal lagi agar menarik masyarakat untuk melakukan pembiayaan di Koperasi tersebut.