Daftar Isi:
  • Akhmad Saubari: Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di Kelas IX SMPN 3 Gambut Tahun Pelajaran 2017/2018, skripsi Banjarmasin, UIN Antasari Banjarmasin, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7e dan model pembelajaran konvensional, serta apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran menggunakan model Learning Cycle 7e dan model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX SMPN 3 Gambut tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX yaitu IX A, IX B, IX C SMPN 3 Gambut tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, kelas IX A sebagai kelas kontrol dan kelas IX C sebagai kelas eksperimen. Data yang digali dalam penelitian ini ada dua macam, yaitu data pokok dan data penunjang. Sedangkan sumber data meliputi responden, informan, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7e pada materi bangun ruang sisi lengkung berada pada kualifikasi baik, kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model pembelajaran konvensional berada pada kualifikasi cukup. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7e dengan model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX SMPN 3 Gambut tahun pelajaran 2017/2018.