Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Media Jembatan Zebra pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VI MI Darut Taqwa Banjarmasin Tahun Pelajaran 2017/2018
Daftar Isi:
- Husnul Khatimah. 2017. Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Media Jembatan Zebra pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VI MI Darut Taqwa Banjarmasin Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: (I) Khairunnisa, M.Pd, (II) Drs. Muhammad Yuseran, M.Pd. Kata Kunci: Perbedaan, hasil belajar, media jembatan zebra. Penelitian ini bertolak dari kesulitan siswa dalam mengubah satuan volume menggunakan tangga satuan ukur, karena tangga satuan ukur dalam penerapannya memakai perkalian dan pembagian, hal ini sering kali membuat siswa yang lambat menggunakan perkalian dan pembagian merasa kesulitan. serta ketentuan naik dan turun turut membuat siswa kebingungan menentukan satuan apakah harus dibagi atau dikali, sehingga membutuhkan proses yang lama untuk menemukan hasilnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, apakah terdapat perbedaan nilai sebelum dan sesudah penggunaan media jembatan zebra pada mata pelajaran matematika materi satuan volume siswa kelas VI MI Darut Taqwa Banjarmasin tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu pre-eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI MI Darut Taqwa Banjarmasin tahun pelajaran 2017/2018 dan penarikan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai tes awal menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa di kelas eskperimen sebesar 46,97, yakni berada pada kualifikasi cukup. Kemudian Setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media jembatan zebra hasil tes akhir keseluruhan menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa sebesar 68,48, yakni berada pada kualifikasi baik. Hasil uji wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai yang signifikan sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan media jembatan zebra pada mata pelajaran matematika siswa kelas VI MI Darut Taqwa Banjarmasin tahun pelajaran 2017/2018.