Daftar Isi:
  • Perilaku agresif merupakan bentuk prilaku yang bertujuan untuk melukai atau menyakiti orang lain, baik secara fisik maupun verbal. Bentuk dari perilaku agresif ada dua, yaitu verbal dan nonverbal. Fokus penelitian (1) Perilaku agresif siswa di MTsN 3 Banjarmasin; (2) Strategi guru bimbingan dan konseling dalam menangani perilaku agresif verbal siswa di MTsN 3 Banjarmasin. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan: (1) apa bentuk dari perilaku agresif verbal siswa di MTsN 3 Banjarmasin; (2) strategi guru bimbingan dan konseling dalam menangani perilaku agresif verbal siswa di MTsN 3 Banjarmasin. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitan adalah responden: 1 orang guru Bimbingan dan Konseling, dan informan: guru bahasa arab, dan staf tata usaha untuk menggali informasi. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif serta mengambil kesimpulan menggunakan metode induktif. Hasil penelitian di MTsN 3 Banjarmasin menunjukkan bahwa: (1) Perilaku agresif siswa yaitu: agresif verbal berupa mengolok-olok, dan mengolok melalui tulisan; (2) strategi guru bimbingan dan konseling dalam menangani perilaku agrsif verbal siswa ialah dengan dua tindakan, yaitu: (a) pencegahan: layanan informasi dan bimbingan kelompok; (b) pengentasan: memberi nasehat, layanan konseling individual, layanan mediasi, membuat surat perjanjian, dan melakukan panggilan terhadap orang tua.