Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan hasil belajar antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik dan guru mata pelajaran Matematika kelas IV MIN 4 Banjar tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 60 peserta didik yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas IV C yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan kelas IV A yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). Objek dari penelitian ini adalah hasil belajar Matematika peserta didik dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Student Team Achievement Division (STAD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Student Teams Achievment Division (STAD) pada mata pelajaran Matematika kelas IV MIN 4 Banjar. Hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika pada materi KPK & FPB kelas IV semester 1 peserta didik MIN 4 Banjar dengan menggunakan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk kelas eksperimen 1 memiliki rata-rata sebesar 76,59 dan berada pada kategori “Baik”. Sedangkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk kelas eksperimen 2 memiliki rata-rata 54,83 dan berada pada kategori “Cukup”.