Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi dengan pandangan bahwa proses belajar mengajar sebaiknya menggunakan alat peraga yang tepat dalam pembelajaran agar hasil belajar siswa meningkat. Alat Peraga yang tepat digunakan dalam pembelajaran Matematika adalah alat peraga Corong Berhitung dan alat peraga Sempoa karena dapat membuat peserta didik belajar lebih aktif, terbimbing dan mempermudah dalam memahami pelajaran yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Matematika dengan alat peraga Corong Berhitung dan dengan yang menggunakan alat peraga Sempoa, hasil belajar siswa melalui penggunaan alat peraga Corong Berhitung dan hasil belajar siswa melalui penggunaan alat peraga Sempoa, dan juga perbedaan hasil belajar antara penggunaan alat peraga Corong Berhitung dengan yang menggunakan alat peraga Sempoa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas I MI Norrahman Banjarmasin. Kelas IA diberi perlakukan dengan menggunakan alat peraga Corong Berhitung dan kelas IB diberi perlakuan dengan menggunakan alat peraga Sempoa. Materi yang diajarkan adalah penjumlahan dan pengurangan bilangan I-20 semester I tahun 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar Matematika siswa antara menggunakan alat peraga Corong Berhitung dengan alat peraga Sempoa. Pada analisis data, hasil belajar siswa dengan alat peraga Corong Berhitung dari aspek kognitif diperoleh rata-rata nilai 84,44 dalam kualifikasi Amat baik. Sedangkan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga Sempoa dari aspek kognitif diperoleh rata-rata 79,58 dalam kualifikasi baik. Hal ini membuktikan bahwa alat peraga Corong Berhitung lebih unggul dalam membuat hasil belajar Matematika siswa semakin meningkat dan lebih baik dibandingkan alat peraga Sempoa.