Peran Guru Al-quran Hadits dalam Memotivasi Belajar Siswa di MAN 5 Banjar Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru Al-quran Hadits dalam memotivasi belajar siswa di MAN 5 Banjar Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar dan faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru Al-quran Hadits dalam memotivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumenter. Observasi digunakan ke lokasi penelitian untuk melihat secara langsung terhadap objek penelitian mengenai hal-hal yang ada hubungannya dengan masalah yang diteliti saat pembelajaran sedang berlangsung. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara yaitu tanya jawab langsung kepada responden untuk memperoleh data yang diperlukan yaitu dengan 1 orang guru mata pelajaran Al-quran Hadist dan 15 siswa kelas XI (IPA1 ada 5 siswa, IPA 2 ada 5 siswa dan Agama ada 5 siswa). kemudian kepada informan yaitu kepala sekolah, staf tata usaha, guru, siswa dan pihak-pihak yang terkait di MAN 5 Banjar. Kemudian menggunakan teknik dokumenter untuk mengumpulkan data melalui dokumen atau catatan yang diperlukan tentang gambaran umum lokasi penelitian. Objek dalam penelitian adalah peran seorang guru Al-quran Hadits dalam memotivasi belajar siswa yaitu pemberian angka/nilai, pemberian hadiah, pujian yang baik, pemberian hukuman dan faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor guru, faktor siswa, faktor sarana prasarana dan faktor lingkungan belajar. Adapun teknik pengolahan data yaitu teknik koleksi data, editing, interpretasi data dan klasifikasi data, dan teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa peran guru Al-quran Hadits dalam memotivasi belajar siswa di MAN 5 Banjar telah terlaksana melalui tiga langkah yaitu: pemberian angka/nilai, pemberian hadiah, pujian yang baik, sedangkan pemberian hukuman tidak guru laksanakan. Faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru Al-quran Hadits dalam memotivasi belajar siswa di MAN 5 Banjar adalah faktor guru, faktor siswa, faktor sarana dan faktor lingkungan belajar. Semua faktor sangat mempengaruhi guru dalam proses pembelajaran.