Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran IPA Kelas V di MIN Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar

Main Author: Yulliana, Kamaruddin
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/928/1/Isi.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/928/
Daftar Isi:
  • Yulliana. 2015. Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran IPA Kelas V di MIN Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dra. Rusdiana Husaini, M.Ag Kata Kunci: Penerapan Metode Eksperimen, Dalam Pembelajaran IPA Kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA kelas V di MIN Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar dan faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA kelas V di MIN Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru mata pelajaran IPA dan siswa kelas V MIN Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA kelas V di MIN Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing dan koding, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA kelas V di MIN Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar dapat terlaksana dengan baik, hal ini dapat dilihat pada perencanaan pembelajaran dengan guru membuat silabus dan RPP, pada pelaksanaan pembelajaran melalui kegiatan awal guru melakukan tujuan hendak dicapai, apersepsi, dan motivasi. Kemudian kegiatan inti menjelaskan meteri, mencontohkan, membuat siswa berkelompok serta membimbing siswa dalam melakukan kegiatan eksperimen dan melakukan tindak lanjut dengan tanya jawab dan mengakhiri pelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah faktor guru, faktor siswa, faktor fasilitas, dan faktor lingkungan cukup mendukung, sedangkan untuk faktor waktu sangat mendukung dengan baik.