Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan Model pembelajaran TGT berbasis cartoon art pada mata pelajaran Matematika di Madrasah Diniyah Islamiyah Muhammadiyah 2 Sei. Kindaung Banjarmasin dan mengetahui pengaruh penggunaan Model pembelajaran TGT berbasis cartoon art terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di Madrasah Diniyah Islamiyah Muhammadiyah 2 Sei. Kindaung Banjarmasin. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan desain nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa dengan mengggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan pembelajaran TGT berbasis cartoon art mengalami peningkatan. Hal tersebut berdasarkan analisis hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, hasil belajar kelas eksperimen meningkat 34,86 dari nilai rata-rata pretest 43,14 menjadi 78,00 pada nilai rata-rata posttest, sedangkan hasil belajar kelas kontrol hanya meningkat sekitar 34,05 dari nilai rata-rata pretest 38,65 menjadi 72,70 pada nilai rata-rata posttest. Penggunaan model pembelajaran TGT berbasis cartoon art berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika di Madrasah Diniyah Islamiyah Muhammadiyah 2 Sei. Kindaung Banjarmasin, yakni berdasarkan perhitungan dengan menggunakan uji U diketahui Zhitung dari penilaian hasil belajar peserta didik sebesar - 2,213835 lebih kecil dari Z�2⁄= Z0,025 yaitu 1,960. Maka, H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikasi penerapan model pembelajaran TGT berbasis cartoon art terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Matematika di Madrasah Diniyah Islamiyah Muhammadiyah 2 Sei. Kindaung Banjarmasin.