Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan kokurikuler pada mata pelajaran PAIS serta hal-hal yang mempengaruhi pelaksanaan kegiatan kokurikuler pada mata pelajaran PAIS di MAN 2 Model Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian atau pengamatan terbuka (participant observation) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 guru dari tiap mata pelajaran PAIS yang telah ditentukan di sekolah MAN 2 Model Banjarmasin. Objek penelitian ini adalah kegiatan kokurikuler yang diberikan oleh guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing, klarifikasi dan interpritasi data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa pelaksanaan kegiatan kokurikuler pada mata pelajaran PAIS di MAN 2 Model Banjarmasin sudah terlaksana seperti mata pelajaran Quran hadis melaksanakan kegiatan kokurikuler seperti menghafal surah-surah juz 30, menghafal ayat-ayat atau hadis-hadis tertentu di dalam bab materi pelajaran, menyalin surah-surah juz 30 yang akan dihafal dan tugas meresume. Mata pelajaran Akidah Akhlak melaksanakan kegiatan kokurikuler seperti meresume materi, menghafal ayat Alquran yang termuat di dalam LKS, menyalin ayat Alquran yang akan dihafal dan menjawab soal-soal esai. kegiatan kokurikuler yang sudah terlaksana pada mata pelajaran Fikih adalah mengisi Jurnal keagamaan (Portofolio) dan mengerjakan soal-soal yang ada di LKS. kegiatan kokurikuler yang sudah terlaksana mata pelajaran SKI adalah meresume dan mengerjakan soal-soal yang ada di LKS. kegiatan kokurikuler yang sudah terlaksana mata pelajaran Bahasa Arab adalah menghafal dan mengerjakan soal-soal yang ada di LKS. Hal-hal yang mempengaruhi adalah peranan guru, peran siswa, pengaruh sarana dan prasarana dan pengaruh lingkungan.