Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualy (TAI) Pada Materi Matriks Di Kelas XI MA Raudhatusysyubban Sungai Lulut Tahun Pelajaran 2017/2018
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah guru lebih sering menggunakan metode ceramah, tanya jawab, latihan, dan guru jarang mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari, serta jarang menggunakan strategi berkelompok. Diperoleh juga informasi bahwa masih banyak peserta didik kelas XI MA Raudhatusysubban Sungai Lulut, merasa malu dan takut untuk bertanya kepada guru mengenai materi yang kurang dipahami dan merasa lebih nyaman bertanya kepada teman yang sudah paham. Selain itu, nilai matematika peserta didik pada materi matriks masih tergolong rendah. Oleh karena itu, peneliti mencoba memberikan solusi dalam pembelajaran yaitu, dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualy (TAI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualy (TAI), untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dengan pembelajaran konvensional, untuk mengetahui ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualy (TAI) dengan pembelajaran konvensional, dan untuk mengetahui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualy (TAI) lebih efektif dari pembelajaran konvensional pada materi matriks di kelas XI MA Raudhatusysyubban. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas XI MA Raudhatusysyubban. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh dua kelas sebagai sampel yaitu kelas XI IIS 1 dan XI IIS 2. Dimana kelas XI IIS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 1 sebagai kelas kontrol. Materi yang diajarkan pada penelitian ini adalah matriks. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dengan nilai rata-rata yaitu 89,79% berada pada kualifikasi baik sekali dan nilai rata-rata di kelas kontrol sebesar 78,32% berada pada kualifikasi baik. Nilai perhitungan uji beda maka H0 ditolak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika peserta didik di kelas eksperimen dengan di kelas kontrol. Dilihat dari rata-rata, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualy (TAI) lebih efektif dari pembelajaran konvensional pada materi matriks di kelas XI MA Raudhatusysyubban Sungai Lulut