Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Tabung Dengan Menggunakan Model Picture and Picture di Mts Al-Istiqamah Banjarmasin tahun pelajaran 2017/2018
Daftar Isi:
- Model pembelajaran picture and picture adalah model pembelajaran matematika yang mendiskripsikan konsep-konsep matematika dari sesuatu yang abstrak menjadi konkrit melaui bentuk gambar. Pembelajaran ini memiliki ciri Aktif, Inovatif, Kreatif, dan Menyenangkan. Seseorang dikatakan memahami konsep jika ia dapat mengaitkan konsep tersebut ke dalam pengetahuan yang dimilikinya yang memiliki beberapa indikator pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di kelas IX pada materi tabung dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture di MTs Al –Istiqamah tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Al-Istiqamah Banjarmasin tahun pelajaran 2017/2018. Sampel kelas IX A dipilih dengan cara purposive sampling dan teknik pengumpulan data tes, dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi tabung dengan menggunakan model picture and picture adalah 81,175 dan berada pada kualifikasi baik. Kata kunci: Model Pembelajaran Picture and Picture, Pemahaman Konsep Matematis