Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Strategi REACT pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di kelas IX SMP Negeri 23 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan metode eksperimen pre-eksperimental, dan desain penelitian One-Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 23 Banjarmasin yang berjumlah 250 orang. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi, observasi dan wawancara. Materi yang diajarkan adalah Bangun Ruang Sisi Lengkung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika antara sebelum dan sesudah menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Strategi REACT mengalami peningkatan nilai rata-tata yakni dari nilai rata-rata 21, 61 dengan kualifikasi kurang efektif menjadi 62, 73 dengan kualifikasi efektif. Selisih nilai rata-rata tes tersebut sebesar 41, 12 yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Dilihat dari persentase hasil tes kemampuan awal (pretest) terdapat 1 orang siswa atau 3,03 % yang termasuk dalam kualifikasi efektif, sedangkan dari persentase hasil tes akhir (posttest) terdapat 19 orang atau 57,57 % yang termasuk dalam kualifikasi sangat efektif dan efektif. Berdasarkan perhitungan dengan uji gain diperoleh yang termasuk dalam kategori sedang, sehingga Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Strategi REACT efektif digunakan pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di kelas IX SMP Negeri 23 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2017/2018.