Daftar Isi:
  • Media pembelajaran merupakan jalan yang ditempuh oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai. Media animasi merupakan salah satu media pembelajaran yang sangat cocok digunakan dalam proses pembelajaran Al quran hadits, khususnya materi menulis huruf hijaiyah sambung. Media ini dapat mempermudah siswa dalam pemahaman karena alat bantunya berupa video animasi sehingga mereka seakan bermain sambil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Al quran hadits kelas II di MI Al Muhajirin kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas II MI Al Muhajirin kota Banjarmasin. Kelas IIA sebagai kelompok eksperimen (menggunakan media animasi) dan kelas IIB sebagai kelompok kontrol (tanpa menggunakan media animasi). Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes dan dokumentasi sebagai pendukung dalam memperoleh informasi demi keakuratan data. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes (pre-test dan post-test). Materi yang diajarkan adalah menulis huruf huruf hijaiyah sambung. Data kemampuan awal siswa diambil dari nilai pretest dan nilai posttest sebagai data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media animasi dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas II MI Al Muhajirin kota Banjarmasin. Hal tersebut berdasarkan analisis hasil belajar kelas eksperimen meningkat sebesar 31,35 dari nilai rata-rata pretest 50,66 menjadi 82,00 nilai rata-rata posttest, sedangkan hasil belajar kelas kontrol hanya meningkat sebesar 25 dari nilai rata-rata pretest 55,71 menjadi 80,71 nilai rata-rata posttest. Media animasi juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Al quran hadits pada siswa kelas II MI Al Muhajirin kota Banjarmasin. Hal ini berdasarkan hasil uji U yang menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Ini menandakan media animasi dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran, terutama pembelajaran Alquran hadis.