Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanaankan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran mata kuliah pendidikan Keterampilan di Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Angkatan 2013 UIN Antasari Banjarmasin serta faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran mata kuliah pendidikan Keterampilan di Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Angkatan 2013 UIN Antasari Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang dosen yang mengampu mata kuliah pendidikan Keterampilan dan mahasiswa kelas D angkatan 2013, sedangkan objeknya adalah pelaksanaan mahasiswa yang sedang mengikuti mata kuliah pendidikan Keterampilan di Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumenter. Selanjutnya diproses melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan, selanjutnya dianalisis secara deskriptif Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Pembelajaran mata kuliah Pendidikan Keterampilan di Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin sudah bagus dan sesuai dengan apa yang ingin diajarkan. Dari segi pelaksanaan pembelajaran dosen pembelajaran pendidikan Keterampilan terlihat bervariasi dalam menggunakan metode dan strategi, hal ini mengacu pada saat pelaksanaan pembelajaran mata kuliah pendidikan Keterampilan, yang disampaikan oleh dosen, dalam hal evaluasi setiap kali pembelajaran berakhir.