Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengemukakan tentang penggunaan media puzzle pada pembelajaran Matematika materi bangun datar di MIN 13 Banjar. Masalah yang dijadikan fokus bahasan adalah tentang penggunaan media puzzle pada pembelajaran Matematika yang meliputi desain pembelajaran, kegiatan guru dan aktivitas peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi proses dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika materi bangun datar dengan menggunakan media puzzle di MIN 13 Banjar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media puzzle pada pembelajaran Matematika materi bangun datar di MIN 13 Banjar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifiksi data (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle pada pembelajaran Matematika materi bangun datar, dirancang sejak dari desain pembelajaran dengan langkah-langkah yang direncakanan adalah peserta didik menyusun puzzle hingga membentuk gambar bangun datar bersama teman kelompoknya dan dilanjutkan dengan mendiskusikan gambar tersebut hingga ditemukan sifat bangun datarnya. Setelah semua kelompok selesai berdiskusi perwakilan dari mereka maju ke depan kelas untuk mempresentasikan hasil kerjanya dan guru mengoreksi jika ada yang keliru. Dalam proses pembelajaran guru dan peserta didik telah melaksanakan kegiatan dan aktivitas sesuai dengan perencanaan pembelajaran, namun ada kegiatan akhir yang tidak terlaksana, dikarenakan habisnya waktu pelajaran. Evaluasi proses dilakukan guru menggunakan lembar observasi dengan kategori aktif dan tidak aktif. Berdasarkan pengamatan penulis dan disetujui oleh guru, ada kurang lebih 76% peserta didik yang berpartisipasi dalam pembelajaran. Adapun untuk penilaian hasil belajar guru memberikan tes tertulis di akhir pembelajaran. Berdasarkan dokumen nilai yang diperlihatkan guru diketahui nilai rata-rata adalah 81.