Mekanisme Jual Beli Produk Secara Online Di OLX.CO.ID Perspektif Etika Bisnis
Daftar Isi:
- Semakin majunya era, semakin bertambahya teknologi, semakin mudahnya transportasi, semakin majunya pemikiran manusia, maka metode proses dalam transaksi jual beli pun semakin beragam. Sehingga tidak heran jika transaksi jual beli secara online akan bertambah besar selama berjalanya waktu dan akan semakin menyebar kesemua jenis lapisan masyarakat. Meskipun jual beli online sudah semakin berkembang dengan semakin bertambahnya pengguna internet yang memanfaatkan website OLX.co.id sebagai sarana tempat membeli barang atau mengiklankan produk. Sampai saat ini, dikarenakan masih kurangya detail info tentang penggunaan fitur dan fungsi yang ada di OLX, maka terdapat keresahan akan aman tidaknya proses transaksiyang berlansung di OLX.co.id Sehingga, tujuan penulisan skripisi ini adalah untuk mengenal dan memahami lebih lanjut tentang mekanisme atau tata cara jual beli di salah satu web yang menyediakan fitur iklan baris jual beli online, yaitu OLX.co.id atau OLX Indonesia. Yang mana nantinya mekanisme atau tata cara itu akan di bahas lebih lanjut pada sisi perspektif etika bisnis di agama Islam, terutama tentang bagaimana idealnya proses jual beli secara online ini dari sudut pandang etika bisnis Islami. Metode penulisan karya tulis ini menggunakan penelitian kualitatif, yang nantinya akan memakai pendekatan masalah secara penelitan pustaka (Library Research). Dimana teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori asas jual beli serta teori yang berkaitan dengan etika berbisnis dalam Islam. Analisis akhir yang bisa dicapai oleh penulis adalah mekanisme yang berlaku yang dalam porses transaksi jual beli secara Online di OLX.co.id tidaklah dilarang dalam hukum islam. Sementara etika berbisnis yang berlaku dalam mekanisme sistem yang ada juga tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam dan negara Indonesia. Sebab fungsi utama OLX adalah sebagai penyedia tempat beriklan secara gratis. Bisa dibilang posisinya dalam berlangsungnya jual beli adalah sebagai ‘pasar’ atau lokasi netral tempat berkumpulnya para pengguna internet yang berperan sebagai penjual atau pembeli.