Persepsi Nasabah PT. Bank Kalsel Kantor Pelayanan Kas Syariah IAIN Antasari Tentang Jaminan Kredit Indonesia Syariah dalam Pembiayaan
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengangkat tema tentang penjaminan, banyak penjaminan yang ada di Indonesia tetapi di sini saya mengangkat penjaminan yang diberikan oleh Jamkrindo kepada masyarakat yang ingin melakukan pembiayaan di bank namun kekurangan jaminan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi nasabah PT. Bank Kalsel Kantor Pelayanan Kas Syariah IAIN Antasari tentang Jaminan Kredit Indonesia Syariah dalam pembiayaan, di samping itu juga untuk mengetahui latar belakang persepsi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Penelitian ini berlokasi di PT. Bank Kalsel Kantor Pelayanan Kas Syariah IAIN Antasari. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Sumber data berasal dari nasabah bank tersebut yang berjumlah 7 informan. Hasil dari penelitian ini, pertama: Persepsi nasabah PT. Bank Kalsel Kantor Pelayanan Kas Syariah IAIN Antasari tentang Jaminan Kredit Indonesia Syariah dalam pembiayaan adalah dinilai sangat baik dan membantu masyarakat dan nasabah yang kekurangan jaminan dalam melakukan pembiayaan di bank. karena bertujuan untuk memberikan jaminan kepada nasabah dan calon nasabah yang ingin melakukan pembiayaan namun kekurangan persyaratan jaminan, maka dari itu Jaminan Kredit Indonesia Syariah dengan perannya mengambil alih dan memberikan jaminan kepada mereka yang kekurangan jaminan untuk melakukan pembiayaan di bank. Kedua, yank melatarbelakangi persepsi tersebut adalah karena persepsi semua informan tentang Jaminan Kredit Indonesia Syariah dalam pembiayaan sangat baik dan membantu maka yang melatarbelakangi persepsi tersebut karena peran Jaminan Kredit Indonesia Syariah tersebut sehingga semua informan berpersepsi seperti yang dijelaskan.