Penggunaan Media Manik-manik pada Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Siswa Kelas I di MIN Kambat Selatan Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media manik-manik pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas I di MIN Kambat Selatan Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, serta apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan media manik-manik pada pembelajaran Matematika materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas I di MIN Kambat Selatan Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru kelas I dan siswa. Objek penelitian adalah penggunaan media dalam pembelajaran matematika dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing, klasifikasi, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media manik-manik pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas I di MIN Kambat Selatan Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah sudah terlaksana dengan baik, meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus, proses pelaksanaan telah sesuai dengan langkah-langkah penggunaan media manik-mnaik dan proses pelaksanaan pembelajaran telah sesuai dengan prinsip-prinsip penggunaan media. Adapun faktor yang mempengaruhi penggunaan media manik-manik meliputi faktor guru, siswa dan lingkungan.