Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman relasional siswa setelah diajar dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dan setelah diajar dengan menggunakan pendekatan Konvensional pada materi luas bangun datar segi empat, mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman relasional siswa setelah diajar dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dan setelah diajar dengan menggunakan pendekatan Konvensional pada materi luas bangun datar segi empat, serta untuk mengetahui respon siswa terhadap pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi luas bangun datar segi empat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen Quasi Eksperiment (eksperimen semu) yang terdiri dari satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemahaman relasional siswa. dengan jenis penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs At-Thahiriyah sebanyak 97 orang yang terbagi ke dalam 4 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Kemudian secara acak dipilihlah kelas VII C sebagai kelas eksperimen menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dan kelas VII D sebagai kelas kontrol menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman relasional siswa setelah diajar dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi luas bangun datar segi empat berada pada kategori sedang dan setelah diajar dengan menggunakan pendekatan konvensional berada pada kategori sedang. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman relasional siswa setelah diajar dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dan setelah diajar dengan menggunakan pendekatan Konvensional pada materi luas bangun datar segi empat jika dilihat dari selisihnya. Respon siswa terhadap pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) memenuhi kategori baik, yang artinya mendapat respon yang positif. Kata Kunci: Pemahaman Relasional dan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI).