Daftar Isi:
  • Model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu alternatif agar siswa saling bekerja sama dan membantu untuk memahami bahan pembelajaran. Selain itu pula, adanya alat peraga dalam model kooperatif berguna dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence pada materi persamaan linear satu variabel siswa kelas VII SMPIT Nurul Fikri Banjarmasin tahun pelajaran 2016/2017 (2) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kovensional pada materi persamaan linear satu variabel siswa kelas VII SMPIT Nurul Fikri Banjarmasin tahun pelajaran 2016/2017 (3) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence pada materi persamaan linear satu variabel siswa kelas VII SMPIT Nurul Fikri Banjarmasin tahun pelajaran 2016/2017 . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPIT Nurul Fikri Banjarmasin yang terbagi ke dalam 2 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika yamg diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence memiliki rata-rata 37,82 dengan interpretasi amat kurang (2) hasil belajar matematika yamg diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional memiliki rata-rata 37,61 dengan interpretasi amat kurang (3) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence dengan model pembelajaran konvensional pada materi persamaan linear satu variabel.