Kemampuan Siswa Menggunakan Konsep Matematika dalam Menyelesaikan Soal-Soal Ekonomi Kelas X IPS MAN Buntok Tahun Pelajaran 2015/2016
Daftar Isi:
- YULIANTI. 2017. Kemampuan Siswa Menggunakan Konsep Matematika dalam Menyelesaikan Soal-Soal Ekonomi Kelas X IPS MAN Buntok Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Rahmawati, M. Pd. Si. Dalam mata pelajaran ekonomi di SMA/MA kelas X terdapat materi mengenai fungsi permintaan, fungsi penawaran, harga keseimbangan pasar, dan sisa hasil usaha (shu) pada koperasi dimana materinya erat hubungannya dengan konsep matematika yaitu fungsi linear, persamaan yang ekuivalen, dan mean (rata-rata). Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang kemampuan menggunakan konsep matematika tersebut dalam menyelesaikan soal-soal ekonomi dengan tujuan mengetahui kemampuan siswa di Madrasah Aliyah Negeri Buntok berdasarkan taraf penguasaan siswa terhadap materi tesebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas X IPS MAN Buntok yang berjumlah 58 siswa. Adapun objek dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa menggunakan konsep matematika dalam menyelesaikan soal-soal ekonomi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes tertulis untuk mendapatkan langsung data pokok mengenai kemampuan siswa menggunakan konsep matematika dalam menyelesaikan soal-soal ekonomi. Sedangkan pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi digunakan untuk mendapatkan data penunjang dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil yang didapat dari penelitian ini, dapat disimpulkan secara klasikal bahwa siswa belum mampu menggunakan konsep matematika yaitu fungsi linear, persamaan yang ekuivalen dan mean (rata-rata) dalam menyelesaikan soalsoal ekonomi kelas X IPS semester 1 & 2 dengan jumlah persentasi 84,375% berada pada taraf kualifikasi cukup, kurang, dan amat kurang.