Pengaruh Kebutuhan,Kelompok Referensi dan Promosi terhadap Pembiayaan Murabahah pada Koperasi Syariah Arrahmah Banjarmasin
Daftar Isi:
- Fadhel Achmad Ar Ridha. 2017. Pengaruh Kebutuhan,Kelompok Referensi dan Promosi terhadap Pembiayaan Mura>bah{ah pada Koperasi Syariah Arrahmah Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H.M. Ma’ruf Abdullah, SH, MM. (II) Farihatni Mulyati, S.Ag., MHI. Kata kunci: Kebutuhan, Kelompok Referensi, Promosi, Keputusan Konsumen, Pembiayaan Mura>bah{ah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebutuhan, kelompok referensi, dan promosi secara parsial dan simultan terhadap keputusan anggota dalam melakukan pembiayaan mura>bah{ah pada Koperasi Konsumen Syariah Arrahmah Banjarmasin, dan mengetahui variabel yang paling mempengaruhi keputusan anggota dalam melakukan pembiayaan mura>bah{ah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini berlokasi di Koperasi Konsumen Syariah Arrahmah Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan bantuan Software SPSS 22 for windows. Melalui analisis kuantitatif, penelitian ini menghasilkan temuan-temuan: Pertama, variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari kebutuhan (X1), kelompok referensi (X2), dan promosi (X3). Secara parsial berpengaruh terhadap keputusan anggota dalam melakukan pembiayaan mura>bah{ah. Hal ini dapat dilihat dari uji t dimana nilai t-hitung kebutuhan (X1) sebesar 3,898 lebih besar dari t-tabel 1,66256 dan tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Kelompok referensi (X2) dengan nilai t-hitung sebesar 1,993 lebih besar dari t-tabel 1,66256 dan tingkat signifkansi 0,056 lebih kecil dari 0,05. Promosi dengan nilai t-hitung sebesar 4,259 lebih besar dari t-tabel 1,66256 dan tingkat signifkansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Sedangkan secara simultan ketiga variabel yaitu kebutuhan (X1), kelompok referensi (X2), dan promosi (X3). Hal ini dapat dilihat dari hasil uji f di mana nilai F-hitung > F-tabel (21,127 > 2,71) dan nilai signifikan F sebesar 0,000, di mana nilai ini lebih kecil dari nilai α sebesar 0,05 (0,000 < 0,05). Kedua, variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan anggota dalam melakukan pembiayaan mura>bah{ah adalah promosi (X3) hal ini dapat dilihat dari uji t dari nilai Standardized Coefficients Beta tertinggi yaitu promosi (X3) 0,383. Hal ini karena karyawan Koperasi Konsumen Syariah Arrahmah Banjarmasin memberikan promosi (X3) produk pembiayaan mura>bah{ah sesuai syariat Islam yaitu dengan ramah, jujur, tidak ada unsur penipuan, mengutamakan nilai-nilai akhlak dan etika moral didalamnya sehingga anggota tidak ada keraguan memutuskan untuk melakukan pembiayaan mura>bah{