Gaya Belajar Siswa Berprestasi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Banjarmasin (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran PAI)
Daftar Isi:
- Husnul Khatimah. 2017. Gaya Belajar Siswa Berprestasi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Banjarmasin (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran PAI). Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pembimbing Dr. Hairul Hudaya, M.Ag Penelitian ini mengemukakan tentang Gaya Belajar Siswa Berprestasi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Banjarmasin (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran PAI). Masalah yang menjadi pembahasan adalah bagaimana gaya belajar siswa berprestasi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Banjarmasin dan faktor-faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa berprestasi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Banjarmasin. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan gaya belajar visual, gaya belajar audio, dan gaya belajar kinestetik. Serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah sembilan orang siswa berprestasi di kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Banjarmasin. Sedangkan objek dalam penelitian ini gaya belajar siswa berprestasi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Banjarmasin. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh dari responden, informan, dan dokumentasi kemudian diolah dengan editing, klasifikasi, selanjutnya dianalisa secara deskriptif kualitatif dengan menggambar kejadian di lapangan secara apa adanya. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa gaya belajar siswa berprestasi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Banjarmasin memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, serta adanya kombinasi dari gaya belajar visual, gaya belajar audio, dan gaya belajar kinestetik tetapi memiliki kecendrungan gaya belajar yang berbeda. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa berprestasi yaitu suara dan gaya mengajar guru.