Daftar Isi:
  • Nor Anisah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Siswa Kelas VII MTs Ni’matul Aziz Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Lathifaturrahmah, M. Si Kata Kunci: Pengaruh, double loop problem solving, persamaan linear satu variabel. Kemampuan siswa di bidang matematika di MTs Ni’matul Aziz tergolong rendah, peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran double loop problem solving sebagai solusi dari permasalahan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Double Loop Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada materi persamaan linear satu variabel siswa kelas VII MTs Ni’matul Aziz Jelapat I Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu pre-eksperimental design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Ni’matul Aziz, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes akhir siswa 80,41. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran double loop problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada materi persamaan linear satu variabel siswa kelas VII C MTs Ni’matul Aziz Tahun Pelajaran 2016/2017.