Perbandingan Hasil Belajar IPS Model Kooperatif Tipe Scramble dengan Tipe Word Square pada Siswa kelas III di MIN Kebun Bunga Banjarmasin
Daftar Isi:
- Maulidah. 2017. Perbandingan Hasil Belajar IPS Model Kooperatif Tipe Scramble dengan Tipe Word Square pada Siswa kelas III di MIN Kebun Bunga Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing Dra. Raihanatul Jannah, M. Pd. dan Khairunnisa, M. Pd. Kata Kunci: Model Kooperatif , Scramble, Word Square, Hasil Belajar, dan IPS Model pembelajaran kooperatif merupakan bentuk pembelajaran dengan cara siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya terdiri dari empat sampai enam orang dengan struktur kelompok yang heterogen. Model pembelajaran kooperatif ini mengajarkan kepada siswa untuk saling bekerja sama dan saling membantu dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPS menggunakan model kooperatif tipe scramble dengan tipe word square pada siswa kelas III di MIN Kebun Bunga Banjarmasin. Dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS menggunakan model kooperatif tipe scramble dengan hasil belajar IPS menggunakan model kooperatif tipe word square pada siswa kelas III MIN Kebun Bunga Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas III di MIN Kebun Bunga Banjarmasin tahun pelajaran 2016/2017. Kelas III A sebagai kelas eksperimen menggunakan model kooperatif tipe scramble dan kelas III B sebagai kelas eksperimen menggunakan model kooperatif tipe word square. Materi yang diajarkan adalah sejarah uang. Data kemampuan awal siswa diambil dari nilai pretest dan nilai posttest sebagai data penelitian. Hasil belajar IPS siswa kelas III di MIN Kebun Bunga Banjarmasin dengan menggunakan model kooperatif tipe scramble dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa yaitu 86,33. Sedangkan hasil belajar IPS siswa kelas III di MIN Kebun Bunga Banjarmasin dengan menggunakan model kooperatif tipe word square dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa yaitu 86,47. Berdasarkan hasil pengujian dengan uji U didapat Zhitung = -0,045 sedangkan Ztabel = 1,960 pada taraf nyata = 5%. Harga Zhitung lebih kecil dari maka H0 diterima dan Ha ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaaan yang signifikan hasil belajar IPS model kooperatif tipe scramble dengan tipe word square pada siswa kelas III di MIN Kebun Bunga Banjarmasin.