Daftar Isi:
  • Erny Farida. 2017. Kemampuan Membaca Huruf Latin Dan Membaca Huruf Hijaiyah Peserta Didik Kelas I MI Sullamut Taufiq Banjarmasin, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dra. Raihantul Jannah, M.Pd, dan Drs. Muhammad Yuseran, M.Pd. Kata kunci: Kemampuan, Membaca, Huruf Latin, Huruf Hijaiyah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca huruf Latin dan membaca huruf Hijaiyah peserta didik kelas I MI Sullamut Taufiq Banjarmasin serta faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca huruf Latin dan membaca huruf Hijaiyah peserta didik kelas I MI Sullamut Taufiq Banjarmasin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah 3 orang guru yang terdiri dari 1 orang guru kelas I A, 1 orang guru kelas I B dan 1 orang guru mata pelajaran Quran Hadits dan seluruh peserta didik kelas I yang berjumlah 28 orang, terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas I A 14 orang dan kelas I B 14 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan editing, klasifikasi data, tabulasi dan interpretasi data. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan membaca huruf Latin peserta didik kelas I MI Sullamut Taufiq Banjarmasin termasuk dalam kategori baik (84,2). Dan kemampuan membaca huruf Hijaiyah peserta didik kelas I MI Sullamut Taufiq Banjarmasin termasuk dalam kategori cukup (74,6). Serta Faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor guru, latar belakang pendidikan yang di antaranya sudah sesuai dibidangnya dan pengalaman mengajar yang cukup lama. Faktor peserta didik, setiap peserta didik mempunyai cara belajar yang berbeda-beda sehingga hasil dari kemampuan membacanya juga berbeda-beda sekaligus faktor lingkungan yang mempengaruhinya.