Perbedaan Hasil Belajar Materi Menulis Puisi Bebas dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Penggunaan Teknik Brainwriting dan tidak Menggunakan Teknik Brainwriting pada Siswa Kelas V MI Nurul Huda Mantuil Banjarmasin
Daftar Isi:
- Jubaidah. 2017. Perbedaan Hasil Belajar Materi Menulis Puisi Bebas dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Penggunaan Teknik Brainwriting dan tidak Menggunakan Teknik Brainwriting pada Siswa Kelas V MI Nurul Huda Mantuil Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. H. Aswan, M. Pd. Kata kunci: Teknik Brainwriting, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Indonesia dalam kemampuan menulis puisi bebas antara siswa yang dibelajarkan dengan teknik Brainwriting dengan siswa yang tidak dibelajarkan dengan teknik Brainwriting dan untuk mengetahui perbedaan penggunaan teknik Brainwriting dengan tidak menggunakan teknik brainwriting terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Nurul Huda Mantuil Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di MI Nurul Huda Mantuil Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017. Kelas V A sebagai kelompok eksperimen (menggunakan teknik Brainwriting) dan kelas V B sebagai kelompok kontrol (menggunakan buku teks). Materi yang diajarkan adalah menulis puisi bebas. Data kemampuan awal siswa diambil dari nilai pretest dan nilai posttest sebagai data penelitian. Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V di MI Nurul Huda Mantuil Banjarmasin dengan menggunakan teknik Brainwriting nilai rata-rata pretest 69,4 dan nilai rata-rata posttest 85,31. Sedangkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V di MI Nurul Huda Mantuil Banjarmasin dengan tanpa menggunakan teknik Brainwriting nilai rata-rata pretest 69 dan nilai rata-rata posttest 77,72. Berdasarkan hasil pengujian dengan uji T didapat Thitung= 3,0903 sedangkan Ttabel = 2,03 pada taraf signifikansi = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) = 35. Harga thitung lebih besar dari ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penggunaan teknik brainwriting dan yang tidak menggunakan teknik brainwriting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi bebas terhadap hasil belajar siswa Kelas V MI Nurul Huda Mantuil Banjarmasin di mana kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan teknik brainwriting sedangkan kelompok kontrol diberikan pembelajaran dengan model konvensional. Hal ini menandakan bahwa teknik brainwriting dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran, terutama pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi.