Daftar Isi:
  • Zubaidah. Pengaruh Penggunaan Media Bujur Sangkar Ajaib terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di MIN Sungai Lulut Kecamatan Sungai Tabuk. 2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Khairunnisa, M.Pd, dan Siti Shalihah, S.Pd, MS. Kata Kunci: Media Bujur Sangkar Ajaib, Hasil Belajar, Matematika. Media pembelajaran merupakan sarana untuk menyampaikan informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan, dengan harapan proses komunikasi pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan pesan yang ingin disampaikan dapat diterima secara utuh oleh siswa sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pembelajaran. Penggunaan media bujur sangkar ajaib pada mata pelajaran Matematika memungkinkan siswa dapat termotivasi untuk belajar aktif serta tidak merasa jenuh dan bosan lagi dalam belajar Matematika. Media ini menggabungkan antara belajar sambil bermain dan dapat mendorong siswa untuk meningkatkan belajar mereka. Dengan begitu belajar matematika akan efektif karena dilakukan dalam suasana yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media bujur sangkar ajaib dan untuk mengetahui pengaruh media bujur sangkar ajaib terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV MIN Sungai Lulut Kecamatan Sungai Tabuk. Kelas IV A sebagai kelompok eksperimen (menggunakan media bujur sangkar ajaib) dan kelas IV C sebagai kelompok kontrol (menggunakan media talipas). Materi yang diajarkan adalah penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Data kemampuan awal siswa diambil dari nilai pretest dan nilai posttest sebagai data penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di MIN Sungai Lulut Kecamatan Sungai Tabuk mengalami peningkatan. Hal tersebut berdasarkan analisis hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, hasil belajar kelompok eksperimen meningkat 37,04 dari nilai rata-rata pretest 39,38 menjadi 76,42 pada nilai rata-rata posttest, sedangkan hasil belajar kelompok kontrol hanya meningkat sekitar 30,00 dari nilai rata-rata pretest 41,03 menjadi 71,03 pada nilai rata-rata posttest. Penggunaan media bujur sangkar ajaib tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di MIN Sungai Lulut Kecamatan Sungai Tabuk. Hal ini terlihat dimana telah dibuktikan melalui hasil Uji U dimana Ho diterima dan Ha ditolak.