Pengaruh Interferensi Proaktif dan Retroaktif terhadap Prestasi Belajar Trigonometri pada Mahasiswa Jurusan PMTK Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin Tahun Akademik 2016/2017
Daftar Isi:
- Netty Fajriati. 2017. Pengaruh Interferensi Proaktif dan Retroaktif terhadap Prestasi Belajar Trigonometri pada Mahasiswa Jurusan PMTK Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin Tahun Akademik 2016/2017, Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pembimbing: (I) M. Amin Paris, S.Pd., M.Si, (II) Drs. H. Aswan, M.Pd. Kata kunci: Interferensi Proaktif dan Retroaktif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh interferensi proaktif dan interferensi retroaktif baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap prestasi belajar Trigonometri, serta untuk mengerahui besarnya total pengaruh interferensi proaktif dan interferensi retroaktif terhadap prestasi belajar Trigonometri. Penelitian lapangan (field research) ini bersifat penelitian kuantitatif. Objek penelitian ini dikhususkan pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika dengan jumlah populasi 155 mahasiswa. Penarikan sampel dilakukan dengan rumus Slovin yang menghasilkan 112 mahasiswa sebagai sampel penelitian. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh interferensi proaktif secara langsung terhadap prestasi belajar Trigonometri sebesar (0,356)2 = 0,1267 atau 12,67%. Sementara secara tidak langsung pengaruh interferensi proaktif terhadap prestasi belajar Trigonometri karena hubungannya dengan interferensi retroaktif sebesar (0,356 x 0,211 x 0,232) = 0,0174 atau 1,74%. Jadi secara total pengaruh interferensi proaktif terhadap prestasi belajar Trigonometri sebesar 14,41%. Sedangkan besarnya pengaruh interferensi retroaktif secara langsung terhadap prestasi belajar Trigonometri sebesar (0,232)2 = 0,0538 atau 5,38%. Sementara secara tidak langsung pengaruh interferensi retroaktif terhadap prestasi belajar Trigonometri karena hubungannya dengan interferensi proaktif sebesar (0,232 x 0,211 x 0,356) = 0,0174 atau 1,74%. Jadi secara total pengaruh interferensi retroaktif terhadap prestasi belajar Trigonometri sebesar 7,12%.