Daftar Isi:
  • Ahmad Boy Salam: Efektivitas Penggunaan Matrix Laboratory (Matlab) Dengan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Pada Mahasiswa Mata Kuliah Metode Numerik Di Prodi Pendidikan Matematika Tahun Akademik 2016/2017 UIN Antasari Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, 2017. Di bawah bimbingan I: M. Amin Paris, S.Pd., M.Si. dan II: Nuryadin, M.Ag. Kata Kunci: Efektivitas, Matlab, Model Pembelajaran SSCS. Matematika merupakan alat ilmu pengetahuan untuk menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan. Dalam hal tersebut, umumnya matematika memiliki 3 cara penyelesaian, yaitu metode analitik, numerik, dan simulasi. Metode numerik sendiri merupakan mata kuliah wajib di prodi Pendidikan Matematika UIN Antasari Banjarmasin dengan syarat kelulusan pada mata kuliah Komputer dan Pemrograman. Namun kenyataan yang ada di lapangan berbeda dengan apa yang diharapkan sesuai dengan tujuan adanya mata kuliah prasyarat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui hasil belajar mahasiswa sebelum dan sesudah menggunakan Matlab dengan model pembelajaran SSCS pada mata kuliah metode numerik, (ii) mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa antara sebelum dan sesudah menggunakan Matlab dengan model pembelajaran SSCS pada mata kuliah metode numerik, (iii) mengetahui efektivitas penggunaan Matlab dengan model pembelajaran SSCS pada mata kuliah metode numerik, (iv) mengetahui respon mahasiswa terkait penggunaan Matlab dengan model pembelajaran SSCS pada mata kuliah metode numerik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Pre-Experimental Design jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilakukan di prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin. Alamat: Jalan Ahmad Yani Km. 4,5 Banjarmasin 70235. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) hasil belajar mahasiswa (Pretest) berada pada kategori sangat kurang efektif dan hasil belajar mahasiswa (Posttest) berada pada kategori efektif, (ii) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan Matlab dengan model pembelajaran SSCS pada mata kuliah metode numerik, (iii) Matlab dengan model pembelajaran SSCS efektif digunakan pada mata kuliah metode numerik, (iv) Respon mahasiswa melalui angket berada pada kategori sangat baik.