فعالية استخدام بطاقة الحفظ ي تعليم المفردات لدى ف طلبة ي مدرسة نور الفكر المتوسطة الصف الثامن ف الإسلامية التكاملية ((SMP IT Nurul Fikri بنجرماسين

Main Author: Hadi, Abdul
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/8103/14/PERNYATAAN.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/8103/4/AWAL.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/8103/5/ABSTRAK.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/8103/7/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/8103/8/BAB%20II.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/8103/9/BAB%20III.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/8103/10/BAB%20V.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/8103/11/LAMPIRAN.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/8103/12/LAMPIRAN%20%282%29.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/8103/13/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/8103/
Daftar Isi:
  • Abdul Hadi ,2017 M ,Efektifitas Penggunaan Kartu Memori Dalam Pembelajaran Mufradat Siswa Kelas VIII di SMP IT Nurul Fikri Banjarmasin .Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing :Dr. Ahmad Muradi , M. Ag Kata Kunci: Efektifitas, kartu memori, pembelajaran mufradat bahasa Arab Unsur unsur dalam bahasa yaitu bunyi, kosakata, dan gramatikal. Dan salah satu unsur terpenting dalam penelitian ini adalah kosakata. Pembelajaran bahasa Arab di SMP IT Nurul Fikri Banjarmasin menghadapi permasalahan bahwa siswa kurang menguasai kosa kata Bahasa Arab yang merupakan salah satu unsur utama dalam belajar bahasa asing. Hal ini disebabkan penggunaan media konvensional dalam menjelaskan makna kosa kata, selain kurangnya waktu yang tersedia. Sehingga hal ini berpengaruh terhadap aspek psikologis siswa yang merasakan kebosanan. Akibatnya penguasaan dan perbendaharaan kosa kata mereka rendah dan sedikit. Berdasarkan permasalahan tersebut dan potensi yang ada, belajar sambil bermain dengan multimedia interaktif secara mandiri merupakan salah satu solusinya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas penggunaan kartu memori dalam pembelajaran mufradat siswa kelas VIII di SMP IT Nurul Fikri Banjarmasin. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu Mengetahui apakah siswa kelas VIII di SMP IT Nurul Fikri di kelas eksperimen hasil belajar siswa lebih bagus dari siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan kartu memori. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan obyek penelitian yaitu siswa kelas VIII A dan siswa kelas VIII B di SMP IT Nurul Fikri Banjarmasin, Materi yang diajarkan tentang Pasar dan pengambilan data hasil siswa dengan pre test dan post test. Berdasarkan hasil tes Uji U Mann Whitny SPSS 22, bahwa nilai tes 0,179 > 0,05 maka Ha ditolak dan Ho diterima. Maka Ho tidak ada perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Jadi, hasil belajar kelompok eksperimen tidak lebih bagus dari hasil belajar kelompok kontrol. Jadi, hasil belajar kelompok eksperimen tidak lebih baik dari hasil belajar kelompok kontrol.