Daftar Isi:
  • Rahimah. 2017. Kemampuan Membaca Alquran Mahasiswi diTinjau dari Latar Belakang Pendidikan di Ma’had Al-Jami’ah Putri I IAIN Antasari Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. M. Ramli AR, M.Pd. Kata kunci: Kemampuan, membaca Alquran, mahasiswi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca Alquran pada mahasiswi di Ma’had al-Jami’ah Putri I IAIN Antasari Banjarmasin. populasi dalam penelitian ini adalah 140 orang. Sedangkan sampel penelitiannya adalah 45 orang, dengan teknik penarikan sampel menggunakan Proportionate Random Sampling. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing, coding, skoring, tabulating, dan interpretasi data. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata (mean) Kemampuan membaca Alquran mahasiswi ditinjau dari latar belakang pendidikan di ma’had al-Jami’ah putri I IAIN Antasari Banjarmasin yaitu 88,88 kategori sangat mampu.