Peran Orangtua Terhadap anak dalam Menentukan Lembaga Pendidikan Jenjang Menengah di Desa Tabukan Raya Kecamatan Tabukan
Daftar Isi:
- Norhikmah ; 2017. Peran Orangtua Terhadap anak dalam Menentukan Lembaga Pendidikan Jenjang Menengah di Desa Tabukan Raya Kecamatan Tabukan Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. H. Imran Sarman, M. Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orangtua dalam menentukan lembaga pendidikan jenjang menengah di Desa Tabukan Raya Kecamatan Tabukan dan kendala yang dihadapi orangtua dalam menentukan lembaga pendidikan jenjang menengah di Desa Tabukan Raya. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah 7 orangtua yang memiliki anak yang memasuki. Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah peran orangtua dalam mengarahkan pendidikan agama anak pada jenjang pendidikan pertama di Desa Tabukan Raya Kecamatan Tabukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing dan klasifikasi data, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran orangtua terhadap anak dalam menentukan lembaga pendidikan jenjang menengah di Desa Tabukan Raya Kecamatan Tabukan sebagian besar sangat berperan walaupun sebagian orangtua dalam menentukan pendidikan anak mereka serahkan sepenuhnya kepada anak. Hal ini disebabkan adanya faktor-faktor yang mempengaruhi upaya orangtua dalam menentukan lembaga pendidikan untuk anak seperti latar belakang pendidikan orangtua, waktu dan kesempatan yang tersedia, dan kesadaran orangtua akan kewajibannya.