Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pembagian Bilangan Bulat Melalui Metode Drill Pada Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Ihya Ulumiddin Banjarmasin

Main Author: Jamilah, Jamilah
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/805/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/805/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/805/
Daftar Isi:
  • Jamilah. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pembagian Bilangan Bulat Melalui Metode Drill Pada Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Ihya Ulumiddin Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: Dr. Hj. Romdiyah, M.Pd. Kata kunci: Hasil belajar, metode drill. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II semester II pada MI Ihya Ulumiddin untuk mata pelajaran matematika dengan menggunakan metode drill. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II MI Ihya Ulumiddin pada semester genap tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 12 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Partisipasi siswa mengalami peningkatan dari akhir siklus 1 ke akhir siklus 2 sebesar 70,03% menjadi 87,15%, jika pada siklus I masih ada beberapa komponen siswa yang harus ditingkatkan yaitu minat siswa terhadap pelajaran, maka pada siklus II komponen tersebut sudah dapat ditingkatkan; (2) Hasil belajar siswa secara individual juga mengalami peningkatan sebesar 71,87% (akhir siklus 1) dengan rata-rata nilai/skor 68,23%, menjadi 97,92% (akhir siklus 2) dengan rata-rata nilai/skor 90,11% di atas standar ketuntasan belajar minimum mata pelajaran matematika yang telah ditetapkan yaitu 70.00. Dengan demikian, metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika khususnya materi pembagian bilangan bulat.