Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membentuk Kepribadian Muslim Siswa di Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Istiqomah Banjarmasin
Daftar Isi:
- Siti Rahimah: Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membentuk Kepribadian Muslim Siswa di Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Istiqomah Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Kependidikan Islam (KI) -Bimbingan dan Konseling Islami (BKI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Antasari Banjarmasin 2017. Pembimbing: Surawardi, M, Ag Kata Kunci: Kepribadian Muslim Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya upaya guru bimbingan dan konseling dalam membentuk kepribadian muslim di Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Istiqomah Banjarnasin, dan untuk mengetahui faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi dalam pembentukan kepribadian muslim siswa di Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Istiqomah Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat lapangan (field reaserch), pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan penelusuran dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian dilihat dari kegiatan intrakurikuler (dalam bidang belajar, pribadi, sosial, dan karir) dan ekstrakurikuler (keagamaan dan minat bakat) yang diadakan disekolah sangat membantu untuk pembentukan kepribadian muslim seperti yang penulis dan yang kita harapkan, karena para siswa nya sudah mengikuti kegiatan dengan baik dan sudah bisa mengamalkan apa yang mereka ketahui tentang pribadi muslim dengan sikap dan sifat mereka yang baik dan sopan. Faktor pendukung dalam upaya guru bimbingan dan konseling dalam membentuk kepribadian muslim siswa adalah dari semua pihak mulai dari kepala sekolah, guru-guru, staf, orang tua dan dari kesadaran siswanya sendiri, adapun faktor penghambat dalam upaya guru bimbingan dan konseling dalam membentuk kepribadian muslim siswa adalah kurangnya sarana dan prasarana, siswa (faktor dari luar) pengalaman dan latar belakang.