Implementasi Bimbingan dan Konseling di SMPN 23 Banjarmasin

Main Author: Muhammad Noorsyah, Bunyamin
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/794/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/794/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/794/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Banjarmasin yang meliputi program tahunan, program semester, program bulanan, program mingguan, rencana pemberian layanan (RPL), jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling yang digunakan guru BK dan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi bimbingan dan konseling tersebut. Dalam penelitian ini metode yang digunakan ialah metode deskriptif dengan jenis pendekatan penelitian kualitatif. Yang menjadi subjek penelitian adalah satu orang guru BK. Objeknya adalah mengenai implementasi bimbingan dan konseling di SMPN 23 Banjarmasin. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis data kualitatif dengan mendiskripsikan kejadian fakta dilapangan ke dalam bentuk uraian-uraian kalimat. Setelah diadakan analisis data dari hasil yang diperoleh dilapangan menunjukan bahwa implementasi bimbingan dan konseling yang dilaksanakan di SMPN 23 Banjarmasin adalah program tahunan, program semester, program bulanan, rencana pemberian layanan (RPL), dan jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling. Jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling yang digunakan guru BK ialah layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan bimbingan belajar, layanan konseling perorangan, layanan bimbingan kelompok dan layanan konseling kelompok. Faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah guru, siswa, orangtua, sarana prasarana dan alokasi waktu.