Efektivitas Strategi Pembelajaran Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Fikih di MAN 2 Model Banjarmasin
Daftar Isi:
- Raudah , 2017. Efektivitas Strategi Pembelajaran Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Fikih di MAN 2 Model Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dr. Yahya MOF, M.Pd. Penelitian ini mengemukakan tentang Efektivitas Strategi Pembelajaran Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Banjarmasin , dengan rumusan masalah, yaitu Apakah dengan strategi pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran mata pelajaran fikih di MAN 2 MODEL Banjarmasin, Seberapa tinggi efektivitas strategi pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran fikih di MAN 2 MODEL Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Strategi Pembelajaran Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Objek pada penelitian adalah Efektivitas Strategi Pembelajaran Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Banjarmasin. Dengan kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 6 sebagai kelas kontrol. Materi yang diajarkan adalah Pembunuhan dan Qishah. Data kemampuan awal siswa diambil dari tes awal dan nilai tes akhir sebagai data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran cooperative Script mendapat nilai rata-rata keseluruhan yaitu 74,12 dan prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan metode konvensional mendapat nilai rata-rata keseluruhan yaitu 68,60, dan hasil perbandingan terdapat thitung = 3,16 lebih besar dari ttabel 5% = 2,04 dan 1% = 2,75 maka H0 ditolak dan Hipotesis Altenatif (Ha) diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan nilai dari post tes Fikih antara siswa di kelas kontrol dengan siswa di kelas eksperimen.