Pelaksanaan Layanan Orientasi dan Informasi oleh Guru Bimbingan dan Konseling di MTsN Banjar Selatan

Main Author: Sumiyati, Husni
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/787/1/BAB%201.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/787/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/787/
Daftar Isi:
  • Pelaksanaanlayananorientasidaninformasi di sekolahtersebutialahpengenalan-pengenalansiswa di lingkungansekolah, danmemberikanwawasankepadasiswauntuklebihmengenalsekolahtersebut, yang di sampaikandalampelaksanaanlayananorientasidaninformasitersebutmenyangkuttentangpendidikan, karakter, sekolah, dan lain-lain yang berhubungandengankegiatanbelajarmengajardankepribadian-kepribadiannya. Berdasarkan pemikiran di atas, penulis mengadakan sebuah penelitian dengan judul: Pelaksanaan Layanan Orientasi dan Informasi oleh Guru Bimbingan dan Konseling di MTsN Banjar Selatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan layanan orientasi dan informasi oleh guru bimbingan dan konseling di MTsN Banjar Selatan? Dan Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan mempengaruhi dalam pelaksanaan layanan orientasi dan informasi oleh guru bimbingan dan konseling di MTsN Banjar Selatan. Sesuai dengan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan orientasi dan informasi oleh guru bimbingan dan konseling di MTsN Banjar Selatan dan faktor-faktor apa yang mendukung dan mempengaruhi dalam pelaksanaan layanan orientasi dan informasi oleh guru bimbingan dan konseling di MTsN Banjar Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru bimbingan dan konseling. Sedangkan objek penelitian ini adalah pelaksanaan layanan orientasi dan informasi oleh guru bimbingan dan konseling di MTsN Banjar Selatandan faktor-faktor apa yang mendukung dan mempengaruhi dalam pelaksanaan layanan orientasi dan informasi oleh guru bimbingan dan konseling di MTsN Banjar Selatan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data di kumpulkan kemudian disajikan dianalisis secara deskriptif kualitatif, yaitu dengan memberikan gambaran tentang kenyataan di lapangan secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa program guru bimbingan dan konseling tentang pelaksanaan layanan orientasi dan informasi di MTsN Banjar Selatan dilaksanakan terjadwal dalam konteks masuk kelas satu minggu satu kali, kemudian ada jadwal-jadwal bimbingan konseling kelompok dan bimbingan-bimbingan kelompok.