Studi Aplikasi Delapan Keterampilan Pembelajaran Guru Agama Madrasah (GAM) yang Disertifikasi pada MTsN Se Kota Banjarmasin
Main Author: | Suraijiah, Suraijiah |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Subjects: | |
Online Access: |
http://idr.uin-antasari.ac.id/7735/1/1%20%20Al%20Falah%20vol%20ix%20no%2015%202009.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/7735/ |
Daftar Isi:
- Penerapan delapan Keterampilan pembelajaran Guru Agama Madrasah (GAM) di MTsN Se Kota Banjarmasin secara sederhana terhimpun dalam kegiatan Pra Pembelajaran dan pelaksanaan Pembelajaran serta kegiatan Menutup Pembelajaran. Pada kegiatan Pra pembelajaran semua unsur keterampilan pembelajaran dilaksanakan oleh guru-guru agama Madrasah baik yang lulus sertifikasi melalui Portofolio maupun PLPG. Kemudian dalam penerapan keterampilan pembelajaran pada kegiatan pelaksanaan pembelajaran terdapat perbedaan dalam penerapan PAIKEM antara guru yang lulus Portofolio dengan guru yang lulus sertifikasi melalui PLPG. Guru sertifikasi yang lulus melalui PLPG lebih menunjukan keterampilan pembelajaran P AIKEM dari pada guru yang lulus sertifikasi melalui portofolio. Sementara dalam penerapaan keterampilan pembelajaran ketika menutup pembelajaran antara guru yang lulus Portofolio dan PLPG samasama menujukkan keterampilan yang sama. Faktor-faktor yang ikut mempengaruhi penerapan delapan keterampilan pembelajaran Guru Agama Madrasah (GAM) di. MTsN Se Kota Banjarmasin terdiri dari: Faktor sarana dan prasarana yang masih ·sederhana. Faktor lingkungan kerja yang belum sepenuhnya mendukung bagi penerapan keterampilan pelajaran yakni belum semua guru sudah disertifikasi. Faktor persiapan guru dan murid yang cenderung terbiasa dengan kondisi pembelajaran klasik serta faktor alokasi waktu pembelajaran yang belurn teroganisir dengan baik.