Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Papan Berpaku dengan Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) pada Materi Trapesium dan Layang-layang di Kelas V SD Muhammadiyah 6 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017
Daftar Isi:
- Dewi Astuti. 2016. Penggunaan Alat Peraga Papan Berpaku dengan Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) pada Materi Trapesium dan Layang-layang Di Kelas V SD Muhammadiyah 6 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dr. Hj. Sessi Rewetty Rivilla, M.M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan alat peraga papan berpaku dengan pendekatan SAVI (somatis, auditori, visual dan intelektual) pada materi trapesium dan layang-layang di kelas V SD Muhammadiya 6 Banjarmasin tahun pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimental design dengan jenis penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah 6 Banjarmasin yang hanya terdiri dari satu kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yakni teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas dan uji wilcoxon. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga papan berpaku dengan pendekatan SAVI (somatis, auditori, visual dan intelektual) efektif digunakan pada materi trapesium dan layang-layang dan Ketuntasan siswa mendapatkan nilai posttest yang mencapai KKM yang telah ditetapkan sekolah yakni 70 sebanyak ≥75% berjumlah 26 siswa atau 76,74%, sehingga nilai posttest dinyatakan tuntas berdasarkan kriteria ketuntasan pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 6 Banjarmasin tahun pelajaran 2016/2017.