Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Perkalian dan Pembagian Menggunakan Metode Rabdologia di Kelas IV SDN 2 Barabai Timur Tahun Pelajaran 2016/2017
ctrlnum |
7522 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://idr.uin-antasari.ac.id/7522/</relation><title>Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Perkalian dan Pembagian Menggunakan Metode Rabdologia di Kelas IV 
SDN 2 Barabai Timur Tahun Pelajaran 2016/2017</title><creator>Mujahida, Nani</creator><subject>L Education (General)</subject><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Nani Mujahida. 2016. Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Perkalian dan Pembagian Menggunakan Metode Rabdologia di Kelas IV SDN 2 Barabai Timur Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Analisa Fitria, S.Pd. M.Si.

Kata Kunci: Kreativitas Siswa, Perkalian dan Pembagian, Metode Rabdologia.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas siswa pada pembelajaran perkalian dan pembagian menggunakan metode rabdologia, untuk mengetahui kreativitas siswa pada pembelajaran perkalian dan pembagian menggunakan metode bersusun, untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kreativitas siswa pada pembelajaran perkalian dan pembagian menggunakan metode rabdologia dengan metode bersusun.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, quasi eksperimental design, bentuk the nonequivalent posstest-only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 2 Barabai Timur. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, kelas yang digunakan adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV C sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa pada pembelajaran perkalian dan pembagian menggunakan metode rabdologia berada pada kualifikasi cukup, dan pembelajaran perkalian dan pembagian menggunakan metode bersusun berada pada kualifikasi kurang. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kreativitas siswa pada pembelajaran perkalian dan pembagian menggunakan metode rabdologia dengan metode bersusun.</description><date>2016-12-14</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/7522/7/PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/7522/1/AWAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/7522/6/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/7522/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/7522/8/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/7522/9/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/7522/10/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/7522/2/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/7522/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/7522/5/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Mujahida, Nani (2016) Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Perkalian dan Pembagian Menggunakan Metode Rabdologia di Kelas IV SDN 2 Barabai Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. [Skripsi] </identifier><recordID>7522</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Mujahida, Nani |
title |
Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Perkalian dan Pembagian Menggunakan Metode Rabdologia di Kelas IV
SDN 2 Barabai Timur Tahun Pelajaran 2016/2017 |
publishDate |
2016 |
topic |
L Education (General) LB1501 Primary Education |
url |
http://idr.uin-antasari.ac.id/7522/7/PERNYATAAN.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/7522/1/AWAL.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/7522/6/ABSTRAK.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/7522/4/BAB%20I.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/7522/8/BAB%20II.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/7522/9/BAB%20III.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/7522/10/BAB%20IV.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/7522/2/BAB%20V.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/7522/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/7522/5/LAMPIRAN.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/7522/ |
contents |
Nani Mujahida. 2016. Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Perkalian dan Pembagian Menggunakan Metode Rabdologia di Kelas IV SDN 2 Barabai Timur Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Analisa Fitria, S.Pd. M.Si.
Kata Kunci: Kreativitas Siswa, Perkalian dan Pembagian, Metode Rabdologia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas siswa pada pembelajaran perkalian dan pembagian menggunakan metode rabdologia, untuk mengetahui kreativitas siswa pada pembelajaran perkalian dan pembagian menggunakan metode bersusun, untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kreativitas siswa pada pembelajaran perkalian dan pembagian menggunakan metode rabdologia dengan metode bersusun.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, quasi eksperimental design, bentuk the nonequivalent posstest-only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 2 Barabai Timur. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, kelas yang digunakan adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV C sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa pada pembelajaran perkalian dan pembagian menggunakan metode rabdologia berada pada kualifikasi cukup, dan pembelajaran perkalian dan pembagian menggunakan metode bersusun berada pada kualifikasi kurang. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kreativitas siswa pada pembelajaran perkalian dan pembagian menggunakan metode rabdologia dengan metode bersusun. |
id |
IOS4802.7522 |
institution |
Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin |
institution_id |
1009 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin |
library_id |
907 |
collection |
Institutional Digital Repository Perpustakaan UIN Antasari |
repository_id |
4802 |
city |
KOTA BANJARMASIN |
province |
KALIMANTAN SELATAN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4802 |
first_indexed |
2017-10-30T02:15:38Z |
last_indexed |
2017-10-30T02:15:38Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1684873936462938112 |
score |
17.538404 |