Komunikasi Dakwah Terhadap Anak Yatim di Istana Darul Azhar Kabupaten Tanah Bumbu
Daftar Isi:
- Nur LailaUlfah, 2017.Komunikasi Dakwah Terhadap Anak Yatim di Istana Darul Azhar Kabupaten Tanah Bumbu,Skripsi Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Pembimbing I: Drs. Surianor,M.Si, Pembiming II: Drs. Amrullah, M.I.Kom Kata kunci: Komunikasi Dakwah, Anak Yatim Penelitian ini didasari dengan adanya penggunaan stategi dalam menjalankan komunikasi dakwah di Istana Anak Yatim Darul Azhar Tanah Bumbu. Permasalahan yang diteliti meliputi bagaimana komunikasi dakwah di Istana Anak Yatim Darul Azhar Tanah Bumbu, faktor-faktor apa saja yang menghambat dan menunjang serta apa hasil yang dicapai dari komunikasi dakwah di Istana Anak Yatim Darul Azhar Tanah Bumbu. Jenis penelitian ini adalah penelitan lapangan (field research). Data yang dgali meliputi komunikasi dakwah di bagaimana komunikasi dakwah di Istana Anak Yatim Darul Azhar Tanah Bumbu, faktor-faktor apa saja yang menghambat dan menunjang serta apa hasil yang dicapai dari komunikasi dakwah di Istana Anak Yatim Darul Azhar Tanah Bumbu. Sumber data dari penelitian ini berasal dari responden. Data tersebut digali dengan tekhnik observasi dan wawancara, dan dokumenter. Data diolah dengan tekhnik editing dan interpretasi data.kemudian data dianalisis secara deskriftif kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa komunikasi dakwah yang dilakukan di Istana Anak Yatim Darul Azhar Tanah Bumbu merupakan komunikasi dakwah dalam bentuk lisan interaktifyang dikemas dalam bentuk ceramah dan pengajian agama anata Ustadz dan Ustazah kepada pada Santri dan Santriwati di Istana Anak Yatim Darul Azhar. Bentuk lainnya yaitu diaplikasikan dalam bentuk pembelajaraan fiqih, tauhid, maulid habsy, setoran ayat Al-Quran, dan shalat. Faktor penghambat dalam penelitian ini adalah diantaranya ketidak disiplinan siswa dalam mengikuti kegiatan dakwah yang diselenggarakan, serta kendala dari segi bahasa saat para Ustadz dan Ustazah saat menyampaikan materi pembelajaran. Faktor pendukungnya itu selain dari segi fasilitas yang lengkap, faktor lainnya yaitu pemberian materi yang tepat serta aktifnya pada santri dan santriwati dalam menangkap apa yang disampaikan saat pembelajaran secara perorangan ataupun perkelompok.