Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Belajar Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahhuan Alam (IPA) kelas II MIN Kertak Hanyar II Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar

Main Author: Rusdiana, Rusdiana
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/750/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/750/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/750/
Daftar Isi:
  • Keberhasilan pembelajaran ditunjukkan oleh dikuasainya tujuan pembelajaran oleh siswa. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran oleh siswa adalah kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, terutama mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Secara umum tugas guru adalah sebagai fasilitator yang bertugas menciptakan kegiatan pembelajaran siswa untuk mencapai tujuan yang optimal,terutama melalui belajar kelompok. Karena melalui belajar kelompok akan tercipta suasana keaktifan para siswa, sehingga proses pembelajaran tidak lagi menoton pada metode ceramah saja. Maka dengan adanya metode kerja kelompok yang akhirnya membangkitkan kreativitas siswa dalam belajar dikelas sehingga siswa tidak lagi bersifat pasif dan akan menimbulkan kesenangan tersendiri bagi siswa dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah begaimana meningkatkan hasil belajar siswwa melalui belajar kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas II pada MIN Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MIN Kertak Hanyar II yang berjumlah 19 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui belajar kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas II MIN Kertak Hanyar II Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Teknik pengumpulan data adalah observasi ini digunakan untuk mengumpulkan data tentang partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar dan implimintasi belajar kelompok. Tes ini digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa , wawancara digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan implimintasi pembelajaran kelompok dan diskusi antar guru dan teman sejawat. Analisis data dalam penelitian ini dilaksanakan secara deskriptif dengan menggunakan teknik presentasi untuk kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan (1) tingkat keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar Ilmu Pengetahuan Alam dikategorikan dalam klasifikasi dalam kalimat kualitatif yaitu siklus I kategori baik (71-85%) dan siklus II kategori baik sekali (86- 100%), (2) tingkat keberhasilan implimintasi belajar kelompok siklus I dengan kategori cukup (56-70%) dan siklus II dengan kategori baik (71-85%), (3) tingkat keberhasilan hasil belajar siswa siklus I dikategorikan baik (71-85%) dan diklus II dikategorikan baik sekali (86-100%).