Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integreted Reading and Composition (CIRC) dengan Media Kartu Soal dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIII MTsN Amparaya Tahun Pelajaran 2016/2017
Daftar Isi:
- Faisal Mubarak. 2016 Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integreted Reading and Composition (CIRC) dengan Media Kartu Soal dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIII MTsN Amparaya Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Rahmawati, M.Pd, Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan model pembelajaran Cooperative Integreted Reading and Composition (CIRC) dengan media kartu soal, hasil belajar siswa di kelas kontrol dengan model pembelajaran Konvensional, dan perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Cooperative Integreted Reading and Composition (CIRC) dengan media kartu soal dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian lapangan dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII MTsN Amparaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling, dimana sampelnya yaitu siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes, dokumentasi, dan observasi,. Materi yang diajarkan pada penelitian ini adalah sistem persamaan linear dua variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan nilai rata-rata yaitu 86,54 berada pada kualifikasi baik dan hasil belajar siswa di kelas kontrol dengan nilai rata-rata yaitu 71,92 berada pada kualifikasi cukup. Dari perhitungan uji beda diperoleh kesimpulan H0 ditolak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa di kelas eksperimen dan di kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integreted Reading and Composition (CIRC) lebih efektif daripada model pembelajaran Konvensional di MTsN Amparaya.