Daftar Isi:
  • Cut Misni, 2016. Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Siswa Kelas VII MTsN Banjar Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Analisa Fitria, S. Pd., M. Si Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa diperlukan suatu strategi pembelajaran yang mengaitkan konsep-konsep matematika dengan kehidupan nyata agar hasil belajar matematika meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VII yang diajar dengan menggunakan strategi contextual teaching and learning (CTL) dan menggunakan strategi pembelajaran matematika realistik (PMR), serta apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi contextual teaching and learning (CTL) dan yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran matematika realistik (PMR) pada materi persamaan linear satu variabel siswa kelas VII MTsN Banjar Selatan. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Banjar Selatan yang berjumlah 127 siswa yang terbagi ke dalam 4 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh dua kelas yaitu VII C dan VII D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VII yang diajar dengan menggunakan strategi contextual teaching and learning (CTL) memperoleh nilai rata-rata 76,13; hasil belajar matematika siswa kelas VII yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran matematika realistik (PMR) memperoleh nilai rata-rata 71,06; dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi contextual teaching and learning (CTL) dan yang diajar dengan menggunakan pembelajaran matematika realistik (PMR) pada materi persamaan linear satu variabel.