Daftar Isi:
  • Karantika. 2017. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Antara Siswa Yang Diberi Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe Make A Match dan Model Scramble pada Materi Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan di Kelas VII SMPN 5 Marabahan Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Analisa Fitriya, S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa diperlukan suatu model pembelajaran yang mengaitkan konsep-konsep matematika dengan kehidupan nyata agar hasil belajar matematika meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan tipe Scramble pada materi perkalian dan pembagian bilangan pecahan. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara perbandingan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan tipe Scramble pada materi perkalian dan pembagian bilangan pecahan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan true eksperimental design jenis penelitian lapangan dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMPN 5 Marabahan. Sampel dalam penelitian diambil dengan teknik sampling jenuh yakni kelas VII A sebagai kelas eksperimen I (melalui model pembelajaran kooperatif tipe Scramble) dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen II (melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (i) perbandingan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berada pada kualifikasi sedang, (ii) perbandingan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Scramble berada pada kualifikasi sedang, dan (iii) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara perbandingan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan tipe Scramble pada materi perkalian dan pembagian bilangan pecahan. Kata kunci: Perbandingan, model, Make A Match, Scramble, Materi Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan