Daftar Isi:
  • Nopiatul Nuriani. 2016. Bimbingan Menulis Huruf Hijaiyah Pada Mata Pelajaran BTA di MIN Kebun Bunga Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dra. Rusdiana Husaini, M. Ag Kata Kunci: Bimbingan Menulis Huruf Hijaiyah Menulis huruf hijaiyah menjadi salah satu bagian dari kemampuan yang harus dimiliki peserta didik. Pembelajaran menulis huruf hijaiyah yang dimulai sejak dini diharapkan akan memberikan hasil yang lebih baik. Untuk itu, diperlukan upaya yang serius dari guru agar anak didiknya mampu dalam menulis huruf hijaiyah dengan benar, tepat dan rapi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bimbingan menulis huruf hijaiyah pada mata pelajaran BTA di MIN Kebun Bunga Banjarmasin dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bimbingan menulis huruf hijaiyah pada mata pelajaran BTA di MIN Kebun Bunga Banjarmasin dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 18 orang siswa kelas 2b di MIN Kebun Bunga Banjarmasin. Objeknya adalah bimbingan menulis huruf hijaiyah. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah koleksi data, editing, dan klasifikasi data Berdasarkan hasil penelitian bimbingan menulis huruf hijaiyah pada mata pelajaran BTA di MIN Kebun Bunga Banjarmasin sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dipengaruhi dengan beberapa faktor: 1. Faktor siswa yaitu kebiasaan belajar siswa, minat dan perhatian siswa, 2. Faktor guru yaitu latar belakang pendidikan guru, pengalaman mengajar dan metode mengajar guru, 3. Sarana dan fasilitas belajar siswa.